Jumat, 05 November 2010

Red Cherry


Bagi temen2 yg belum tau udang red cherry ane pengen coba ngasih tau nich. Smoga bermanfaat ya. Jika dah tau infonya silahkan saja untuk membudidayakannya. Cz udang ini bisa dibilang masih cukup potensial sebagai lahan bisnis loch yang ujung2nya bisa jadi duit..

Udang red cherry biasanya dikenal pada lingkup akuaskap sebagai salah satu primadona unggulan. Jenis ini tubuhnya sangat elok bila dipandang, selain itu memiliki banyak corak dan warna, seperti warna merah, putih, hijau, biru, dan hitam bergantung kepada jenisnya. Udang ini berfungsi sebagai pembersih bangkai, lumut, dan kotoran di akuarium karena bersifat omnivora. Makanan udang red cherry di alam adalah alga (Klotza, 2006).

Udang mungil ini termasuk kedalam famili Atydae dari filum crustacea yang berasal dari Asia Timur seperti Cina dan Taiwan. Atydae berarti chelae (apendik arthropoda yang mengalami modifikasi menjadi bentuk capit) pertama dan kedua sama besarnya dengan bulu terminal pada ujung chelae yang digunakan untuk mengambil pakan berupa alga (Barnes, 1972). Famili Atydae memiliki 15 genus dengan jumlah spesies menyebar di Asia terutama Asia Timur, Amerika Selatan serta Afrika. 120 jenis ini termasuk kedalam genus Caridina dan Neocaridina (Yam, 2003).

Habitat udang red cherry terdapat pada sungai-sungai dengan aliran air yang tidak terlalu deras dan mempunyai kisaran suhu antara 20˚C sampai 30˚C. Perubahan suhu yang signifikan sangat berpengaruh terhadap daya tahan udang red cherry. Jika suhu suatu lingkungan berubah secara signifikan maka pertumbuhan udang red cherry akan terhambat dan bisa menyebabkan kematian. pH dalam habitat udang red cherry berkisar antara 6,5 sampai 8,0, namun udang ini menyukai pH yang sedikit lebih asam. Kesadahan pada habitat udang red cherry berkisar antara 3˚ sampai 15˚ KH dengan kadar oksigen 1 sampai 5 ppm (Klotzb, 2006).


Tidak ada komentar:

Suatu penghargaan besar dari saya untuk Anda karena telah bersedia masuk di blog ini. Saya akan mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik untuk Anda............... Selamat menikmati...............