Minggu, 05 April 2009

Ikan Ovovivipar

Setiap makhluk hidup dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya harus melakukan reproduksi. Proses reproduksi ini pada setiap organisme memiliki ciri khas masing-masing, termasuk organisme akuatik. Syarat dalam proses reproduksi pada organisme akuatik yaitu induk harus matang gonad. Tingkah laku pemijahan pada organisme akuatik umumnya yaitu pencarian pasangan, matting, dan spawning.
Proses reproduksi di bagi menjadi tiga, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ovipar adalah telur dibuahi dan berkembang di luar tubuh induk. Contoh dari ovipar adalah ikan cupang. Vivipar adalah cara reproduksi yang mirip dengan proses reproduksi pada mamalia. Ovovivipar adalah cara reproduksi ikan di mana embrio ikan berkembang di dalam tubuh induk betina tetapi tidak mendapatkan suplai makanan dari induk tersebut. Contoh ovovivipar adalah ikan guppy.

Tidak ada komentar:

Suatu penghargaan besar dari saya untuk Anda karena telah bersedia masuk di blog ini. Saya akan mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik untuk Anda............... Selamat menikmati...............